3 Tes Seleksi Menaker

Untuk menjadi Pegawai Direktorat Pendidikan apakah sebagai Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, maka setiap pelamar akan melalui tes seleksi terlebih dahulu.  Berikut beberapa tes seleksi yang biasanya akan dilalui oleh setiap calon pegawai Direktorat Pendidikan Yayasan Islam Al Huda Bogor-Indonesia

  1. Tes Tulis

Tes tulis ini berisikan 1)Tes Wawasan Keagamaan, 2)Tes Intelegensia Umum, dan 3)Tes Karakteristik Pribadi. 

Tes Wawasan Keagamaan (TWK) meliputi : Al Quran, Al Hadits, Aqidah, Fiqh, dan Sirah Nabi.

Tes Integensia Umum (TIU) meliputi : tes kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berfikir logis, dan kemampuan berfikir analistis.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) meliputi : integritas diri, semangat berprestasi, kreatifitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi pada orang lain,  kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakan dan mengkoordinir orang lain.

Dalam tes ini setiap peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan keagamaan (TWK), 30 soal Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, kalau salah nilainya nol; kalau betul nilainya 5.
Sistem penilaian dalam tes tulis ini menggunakan sistem passing grade (nilai minimal) sebagai berikut :

1. SLTA/Sederajat  : Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 25 Poin. Tes Intelegensia Umum (TIU) 5 poin. Tes Wawasan Keislaman (TWK) 5 poin.

2. DII/DIII/Sederajat : Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 27,5 Poin. Tes Intelegensia Umum (TIU) 7,5 poin. Tes Wawasan Keislaman (TWK) 5 poin.

3. S1/DIV, S2,S3 sederajat : Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 30 Poin. Tes Intelegensia Umum (TIU) 15 poin. Tes Wawasan Keislaman (TWK) 10 poin.

2. Tes Praktek

Tes praktek berisikan tes kemampuan bidang yang dilamar. Misalnya, tes untuk guru adalah micro teaching; tes untuk supir adalah mengendarai mobil; tes untuk admnistrasi adalah mengoperasikan aplikasi word dan excel; dan lain sebagainya.

3. Wawancara

Wawancara adalah salah satu cara untuk mengenal lebih dekat calon pegawai potensial yang di cari. Tidak semua pelamar dapat lolos ke tahap tes wawancara. Melalui proses wawancara, Dirdik YIA ingin melihat untuk selanjutnya menimbang dan memutuskan apakah anda akan cocok, bermanfaat, dan memiliki nilai lebih dibanding kandidat lainnya apabila bergabung bersama Dirdik YIA.

Author: admin karir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *